Windiarti’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

April 16, 2008

Filed under: pengalamanku — windiarti @ 6:06 am
Tags:

 

Perjalananku ke Goa Kiskendo

 

         Sewaktu liburan Paskah kemarin, aku dan teman-temanku mengunjungi Goa Kiskendo yang merupakan salah satu objek wisata yang terdekat dari daerah kami. Goa Kiskendo adalah salah satu objek wisata alam di daerahku yaitu Kulon Progo. Goa Kiskendo terletak di perbukitan Menoreh dan termasuk Dusun Sukamaya, Desa Jatimulya, Kecamatan Girimulyo, kira-kira 35 km dari Kota Yogyakarta.

        Kami memilih untuk berkunjung kesana karena daerahnya yang masih asri dan alami. Pertama yang dapat kita lihat sewaktu berjalan menuju goa adalah mulut goa yang sangat besar dan biasanya disebut Goa Kiskendo. Tak jauh dari Goa Kiskendo kami melihat ada mulut goa lain yaitu Goa Sumitro, Goa Sumitro terletak kira-kira 50 meter sebelah barat dari mulut Goa Kiskendo. Di dalam goa terdapat stalaktit dan stalakmit sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan terutama kami, walaupun sering melihatnya tapi kami tak bosan-bosan melihatnya. Di dalam goa ini terdapat aliran sungai kecil yang berhubungan dengan Goa Kiskendo.

        Ada pula Grojogan Sewu disebelah tenggara mulut Goa Kiskendo, grojogan ini tingginya 15 sampai 20 meter. Tak jauh dari Goa Kiskendo, kami bias melihat Bukit Krengseng walaupun tampak dari kejauhan. Bukit krengseng adalah adalah bukit yang tak jauh dari Goa Kiskendo, gunung ini unik karena puncaknya seperti gapura atau biasa disebut juga watu gajah karena dari sisi tertentu tampak seperti gajah.

        Hal lain yang kami kagumi dari Goa Kiskendo adalah letaknya yang dikelilingi oleh gunung-gunung yang tinggi, ada satu tempat dimana bila kita melihat kesegala arah akan tampak banyak gunung. Tempat ini dinamakan Pagar Gunung. Salah satu gunung itu adalah Gunung Kelir, gunung ini terjadi dari batu kapur yang karena proses erosi menjadikannya tampak seperti kelir atau layar yang jaraknya sekitar 4,5 km dari Goa Kiskendo.

        Bagi yang gemar berkemah, di dekitar goa ada tempat untuk berkemah yang masih asri. Tentu saja akan sangat menyenangkan bila bisa menghabiskan waktu untuk berkemah disana. Tetapi waktu itu aku dan teman-teman hanya menimati indahnya pemandangan dan segera pulang sebelum sore hari.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s