Windiarti’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

March 14, 2010

Filed under: kambing etawa — windiarti @ 10:39 am

Ilmiah Populer

Membidik Bisnis Baru, Beternak Kambing Etawa


Beternak kambing merupakan kegiatan yang memiliki prospek pengembangan yang baik di Indonesia. Ada banyak manfaat yang dihasilkan oleh kambing; baik itu daging, susu, kotoran, maupun kambing sebagai binatang kesayangan. Kegiatan beternak kambing biasanya dilakukan oleh orang yang tinggal di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan desa masih memiliki lahan yang luas untuk menanam berbagai tanaman yang bisa dijadikan makanan ternak. Menurut sumber http://www.smallcrab.com, populasi kambing di Indonesia saat ini mencapai 7 juta ekor. Jumlah ini 76% diantaranya berada di Pulau Jawa. Kambing umumnya dipelihara dengan cara yang sangat sederhana di setiap rumah tangga pedesaan. Setiap keluarga pada umumnya memiliki 4 – 6 ekor kambing yang dipelihara di  dalam kandang yang biasanya berada di halaman rumah. Pakan yang diberikan setiap hari berasal dari rumput yang ada di seputar rumah.

Bagi sebagian besar orang, beternak  merupakan mata pencaharian. Tetapi, ada juga yang memelihara kambing etawa karena hobi saja. Hobi yang kini mulai banyak ditekuni banyak orang. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa perlombaan kambing etawa yang bertujuan memperkenalkan hobi baru yang menjanjikan banyak keuntungan ini. Banyaknya peserta yang mengikuti perlombaan membuktikan bahwa banyak orang tertarik untuk menggeluti bidang peternakan kambing ini.

Kambing etewa adalah kambing yang berasal dari India yaitu dari daerah Punjab. Kambing ini sering juga di sebut kambing Jampari. Pada tahun 1920 banyak penguasa Belanda yang membawa kambing ini ke Indonesia, khususnya di pulau Jawa dengan tujuan memanfaatkan limbah pertanian. Awalnya kambing etawa dititipkan di daerah pegunungan Jawa Tengah dan Yogyakarta, tepatnya dari Sleman hingga Purworejo kambing etawa yang pertama kali dibawa ke pulau Jawa umumnya corak bulunya berwarna hitam putih. Dianggap sukses merajai jenis kambing di Indonesia,  maka pemerintah Belanda mengimpor lagi kambing etawa ke pulau Jawa dengan corak warna bulu putih coklat / merah

Setelah kemerdekaan RI tahun 1945 banyak petani yang dititipi kambing etawa berlaku sembarangan, tidak adanya pengawasan membuat banyak kambing etawa sembarangan di kawinkan dengan kambing lokal seperti kambing kacang dan kambing priangan ataupun dengan kambing sanen yang telah ada sebelum. Hasil dari perkawinan itu menghasilkan ras – ras baru seperti kambing jawa randu, benggala, PE (peranakan etawa), dan jenis-jenis lainnya. Saat ini, yang banyak digemari oleh peternak adalah kambing peranakan etawa. Ciri khas kambing PE diantaranya adalah telinga panjang menggantung, tubuh tinggi besar, terdapat bulu yang pada bagian dagu, paha, dan ekor (Sarwono, 1991: 37).

Kambing etawa adalah jenis kambing yang paling bagus, bila disamakan dengan ayam jago, kambing etawa adalah sejenis jago bangkok (sebutan untuk ayam pejantan tertentu). Jago bangkok dikenal sebagai jago piaraan khusus, atau mereka yang memelihara ayam jago bangkok adalah untuk sekedar hobi. Segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi atau kesenagan biasanya lebih mahal daripada yang biasa, dan jago bangkok pun harganya bisa dua sampai lima kali lipat harga ayam jantan pada umumnya. Begitu juga dengan kambing etawa, kambing etawa adalah sejenis kambing khusus. Bisa dibilang mereka yang memelihara kambing etawa hanya orang yang memeliharanya sebagai hobi saja. Harganya juga mahal, bagi kambing dengan kualitas bagus, meskipun masih kecil. Bisa dihargai sejumlah Rp 7.000.000,00.

Namun di daerah pedesaan,  umumnya kambing etwa yang diternakkan akan dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup. Peternak dengan pengetahuan minim, biasanya kurang bisa memanfaatkan  potensi lain yang dihasilkan kambing etawa, selain penjualannya. Meskipun disebut kambing etawa, terkadang bila mereka menjual, dihargai dengan harga rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan untuk mengembangkan kambing etawa, sehingga tidak hanya menjadi ternak saja. Melainkan bisa menjadi hobi dengan penghasilan yang besar. Ada pula potensi yang bisa dikembangkan selain hanya sekedar hobi, yaitu produksi susu kambing etawa dan pupuk alami dari kotoran kambing etawa. Susu kambing etawa dihasilkan oleh induk kambing yang sedang menyusui.

Susu Kambing Bila Dibandingkan dengan Jenis Susu Lain

Susu kambing belum dikenal secara luas seperti susu sapi padahal memiliki komposisi kimia yang cukup baik (kandungan protein 4,3% dan lemak 2,8%) relatif lebih baik dibandingkan kandungan protein susu sapi dengan protein 3,8% dan lemak 5,0%. Disamping itu dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing lebih mudah dicerna, karena ukuran molekul lemak susu kambing lebih kecil dan secara alamiah sudah berada dalam keadaan homogen (Sunarlim dkk, 1992 melalui http://tcplanet.blogspot.com /2007/11/khasiat-dan-manfaat-susu-kambing-etawa.html)

Produktivitas biologis kambing cukup tinggi, 8-28% lebih tinggi dibandingkan sapi (Devendra, 1975 melalui http://tcplanet.blogspot.com /2007/11/khasiat-dan-manfaat-susu-kambing-etawa.html). Jumlah anak per kelahiran (litter size) bervariasi 1 sampai dengan 3 ekor dengan tingkat produksi susu yang melebihi dari kebutuhan untuk anaknya, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai produk komersial dan tidak mengganggu proses reproduksinya. Biaya investasi usaha ternak kambing relatif rendah dan pemeliharaannya pun jauh lebih mudah dibanding sapi. Dari hasil penelitian para ahli dan bukti sejarah telah banyak membuktikan bahwa ternyata susu kambing mempunyai banyak kelebihan di banding dengan susu hewan pemamah biak yang lain, Seperti: Sapi, Lembu, Kerbau, Kuda, Onta, Domba, Dan lain-lain. Berikut adalah tabel kandungan susu kambing etawa bila dibandingkan susu jenis lain  (Sodiq,2002: 13-14):

Tabel Komposisi Susu Kambing, Susu Sapi, dan ASI

Komposisi Susu Sapi Susu Kambing ASI
Protein (gr) 3.3 3.6 1.0
Lemak (gr) 3.3 4.2 4.4
Karbohidrat (gr) 4.7 4.5 6.9
Kalori (cal) 61 69 70
Fosfor (gr) 93 111 14
Kalsium (gr) 19 134 32
Magnesium (gr) 13 14 3
Besi (gr) 0.05 0.05 0.03
Natrium (gr) 49 50 17
Kalium (gr) 152 204 51
Vitamin A (IU) 126 185 241
Thiamin (mg) 0.04 0.05 0.014
Ribiflavin (mg) 0.16 0.14 0.04
Niacin (mg) 0.08 0.28 0.18
Vitamin B6 (mg) 0.04 0.05 0.01

Komposisi di atas hampir sama dengan penelitian dari Balai Penelitian Veteriner, Bogor.

Susu kambing mudah di serap tubuh manusia, itu sebabnya dapat di minum oleh bayi di atas enam bulan, manula, dan baik bagi penderita radang usus. Ukuran lemak susu kambing 2 mikrometer. Susu sapi berukuran 2.5-3.5 mikrometer. Dengan lemak lebih kecil, susu kambing lebih cepat di cerna dan campurannya lebih homogeny. Susu kambing tercerna setelah 20 menit, sedangkan susu sapi setelah 8 jam.

Perkawinan kambing Etawa

Air susu kambing etawa dihasilkan oleh kambing betina yang sedang menyusui, untuk bisa hamil, tentu saja kambing harus dikawinkan terlebih dahulu. Menurut teori kambing etawa sebenarnya boleh di kawinkan semenjak siklus pertama birahi yaitu umur 8 bulan, namun, untuk mendapatkan hasil keturunan kambing etawa yang baik dan mengembangkan induk sampai benar benar dewasa biasanya peternak akan menunda perkawinan sampai  beberapa kali siklus atau di tunda hingga umur 3 atu 4 bulan setelah birahi pertama terlihat (berkisar 12 hingga 14 bulan). Peternak yang teliti biasanya akan mebuat tanggal atau menandai sejak siklus birahi betina hingga menjelang betina benar-benar dewasa dan siap untuk di kawinkan agar dapat mengenali pada masa birahi berikutnya dan biasanya kambing betina yang terhitung mendekati siklus birahi akan di berikan makanan (konsentrat ) yang mengandung protein serta gizi yang lebih baik dari biasanya, hal ini bertujuan agar memperkecil kemungkinan gagal kawin yang berarti harus menunggu 21 hari lagi untuk siklus (http://www.kambingetawa.org/siklus-birahi-kambing-etawa.html).

Bila ingin mendapatkan kualitas susu yang baik, peternak harus memberi makanan yang cukup bagi kambing betina yang sedang hamil. Rata-rata usia kandungan kambing betina adalah 5 bulan atau 150 hari, Setelah 150 hari di dalam perut induknya, anakan kambing atau cempe akan lahir.  Setelah induk melahirkan, perlu adanya perawatan yang lebih maksimal pada cempe. Perawatan ini bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan baik induk ataupun cempe agar bisa menjadi kambing yang berkualitas. Asupan makanan yang cukup selama masa kehamilan, akan  mendukung seluruh proses di dalam tubuhnya. Tambahan kalsium akan  sangat diperlukan bagi perkembangan janin kambing etawa.adapun masa perkembangan kambing betina dari dalam kandungan sampai dewasa meliputi: pertama masa masa janin, kedua pada saat dilahirkan, ketiga masa pertumbuhan, keempat masa pubertas, kelima masa bunting, keenam masa laktasi, dan ketujuh masa kering ( Sodiq, 2008: 68-71).

Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, susu memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Kini, pengobatan  cenderung kembali pada pola makan yang alami (natural food), Baik yang berasal dari tumbuh maupun hewan. Demikian halnya, penggunaan susu kambing sebagai pengobatan penyakit, bahkan pola ini sudah di gunakan orang sejak ribuan tahun lalu. Di zaman Mesir kuno, Ratu cantik Cleopatra, menggunakan susu kambing sebagai upaya untuk mempercantik wajah dengan cara mengkonsumsinya serta digunakan untuk mandi susu untuk menjaga kehalusan kulit dan keindahan tubuhnya.

Susu kambing sangat baik bagi penderita penyakit kulit, Eksim serta gatal-gatal pada kulit, Sebagai mana yang pernah dilakukan oleh Dokter George Dermit dari Ohaio, Amerika serikat. Menggunakaan terapi susu kambing bagi anak-anak penderita penyakit kulit tersebut. Bahkan para pakar penyakit kulit dari New Zealand, terhadap para pasiennya di anjurkan untuk mengkonsumsi susu kambing sebagai peningkatan kesehatan kulit terutama bagian wajah. Kasiat susu kambing yang mengandung gizi tinggi, dapat mempercepat proses pertumbuhan gigi dan tulang. Juga untuk mengembalikan kesehatan seorang ibu yang baru melahirkan,Pendarahan sesudah melahirkan (Postpartum), Memulihkan zat besi sesudah haid, Juga bagi seorang yang kekurangan darah(Anemia). Terhadap orang-orang yang sudah berusia lanjut, Kandungan berbagai mineral dalam susu kambing akan menghambat kerapuhan tulang (Osteoporosis). Khasiat susu kambing yang lain, yaitu sangat manjur untuk mengatasi gangguan pernafasan terapi TBC, infeksi akut pada paru-paru seperti Astma. Juga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan menyembuhkan asam urat tinggi serta adanya kelainan ginjal yang di sebut Nepbratic Syndrom.

Bukti telah menunjukkan bahwa susu kambing etawa telah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah buku berjudul “Khasiat & Manfaaat susu kambing, Susu terbaik dari hewan Ruminansia”, mengungkapkan beberapa kelebihan susu kambing di banding dengan susu dari binatang lainya antara lain sbb:

  1. Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini di sebabkan adanya Flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
  2. Bersifatbasah (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
  3. Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare.
  4. Lemaknya mudah di cerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainya. Dan juga bersifat Homogen alami. Hal ini mempernudah untuk di cerna sehingga menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi.
  5. Dengan adanya sodium (Na), Fluorin(F), Kalsium (C), dan Fosfor (P) sebagai elemen kimia yang dominan serta kandungan nutrisi lainya.

Berdasarkan kandungan nutrisi dari susu kambing etawa, maka khasiat susu kambing etawa adalah:

  1. Membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung.
  2. Menyembuuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit,saluran nafas dan pencernaan.
  3. Menyembuhkan bermacam-macam penyakit paru-paru, seperti astma, TBC, serta infeksi- infeksi akut lainya pada paru-paru.
  4. Menyembuhkan beberapa kelainan ginjal,seperti nepbrotic syndrome, infeksi-infeksi ginjal serta asam urat tinggi.
  5. Kandungan kalsium (Ca) yang tinggi dapat membantu menyembuhkan rematik dan mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis).
  6. Menambah Vitalitasdan daya tahan tubuh.
  7. Mengatasi masalah impotensi dan gairah seksual, baik bagi pria maupun wanita.
  8. Berdasarkan beberapa penelitian di Amerika, susu kambing terbukti mempunyai efek anti kanker (Damayanti dan Bernardius , 2002: 6-7)

Adapun prospek harga susu kambing etawa sangat menjanjikan setiap liter susu kambing etawa dihargai Rp 30.000,00 per liter. Jauh diatas harga susu sapi yang biasanya lebih banyak dikonsumsi masyarakat, harga satu liter susu sapi adalah Rp 8.000,00. Harga yang sesuai dengan khasiat yang didapatkan oleh susu kambing etawa.

Pemeliharaan kesehatan Kambing Etawa

Untuk mendapatkan hasil susu yang baik, kesehatan kambing perlu dijaga dengan baik. Pemeliharaaan kesehatan merupakan hal utama dalam beternak, disamping kualitas makanan ternak dan tata laksana yang memadahi. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan antara kambing yang sehat dan kambing yang sakit. Sebaiknya kambing yang mempunyai penyakit menular dipisahkan dari kambing-kambing yang lain. Pemeriksaan secara teratur pada setiap kambing juga perlu dilakukan guna mengetahui secara dini bila terdapat penyakit pada kambing, contohnya penyakit pada putting susu kambing, susu yang luka dan membusuk, dan sebagainya. Bila terdapat penyakit, dokter hewan adalah ahli yang bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit kambing, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kandang Kambing Etawa


Kebersihan kandang juga harus dijaga agar kesehatan kambing bisa terjaga. Kandang berfungsi untuk melindungi kambing dari bahaya yang ada di luar kandang, seperti adanya hewan lain, panas, hujan, dan sebagainya. Ada beberapa gua macam kandang kambing yaitu kandang panggung dan kandang lemprakan. Namun, biasanya kandang panggung lebih disukai oleh peternak daripada kandang lemprakan karena dengan menggunakan kandang panggung, kebersihan dan kenyamanan kambing lebih terjaga. Kebanyakan, kandang lemprakan berlantai tanah, sehingga kurang sehat untuk kambing. Selain kotor, kambing juga kurang nyaman karena kandang menjadi lembab.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan kandang yaitu: pertama: kandang bebeas dari genangan air. Genangan air merupakan tempat yang bagus untuk berkembang biak nyamuk dan dapat membantu penyebaran penyakit. Serangan nyamuk dalam populasi yang banyak dapat meyebabkan anemia dan menganggu ternak dalam beristirahat.
Kedua sanitasi kandang, merupakan usaha dalam rangka membebaskan kandang dari bibit-bibit penyakit maupun parasit lainnya dengan mengunakan obat-obatan pengendali seperti disinfectan pada dosis yang dianjurkan. Tindakan ini harus dilakukan secara rutin pada kandang yang akan ditempati oleh ternak. sahakan kandang selalu di bersihkan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Semakin bersih kandang maka kenyamanan kambing juga akan semakin tinggi.

Ketiga kandang dan sinar matahari. Sinar matahari pagi mengandung ultraviolet yang berperan sebagai energi dan mencegah gangguan rakhitis, terutama pada ternak yang selalu dikandangkan secara terus menerus. Sinar ultraviolet secara alami akan membunuh kuman-kuman penyakit setiap saat. Jadi sinar matahari dapat berperan sebagai pengendali yang sangat efektif. Keempat pengaturan ventilasi. Merupakan salah satu pengaturan kandang yang baik. Maka konstruksi kandang haruslah memungkinkan terjadinya pertukaran udara secara sempurna. Ventilasi yang buruk akan merugikan kesehatan ternak, karena gas-gas kotor dari faces maupun hasil pernafasan tidak dengan cepat terbuang keluar kandang. Hal ini akan menganggu kesehatan ternak dan memungkinkan penggunaan makanan yang dikonsumsi ternak tidak efisien. Kelima umbaran ternak. Merupakan hal yang sangat penting, karenan ternak dapat berolahraga, sekaligus dapat mengendurkan otot-otot (http://artikelkambingetawa.blogspot.com).

Manfaat Lain dari Kambing Etawa

Selain itu, kotoran yang dihasilkan kambing etawa juga memberikan banyak manfaat bagi manusia. Kotoran kambing bisa menggantikan pupuk urea yang banyak digunakan petani. Tidak menimbulkan kesuburan tanah berkurang merupakan satu nilai lebih dari pupuk yang berasal dari kotoran kambing. kotoran kambing mengandung Nitrogen dan Phosfor. Kandungan nitrogen dan phosphor dalam kotoran kambing dapat dilihat dalam tabel:

Tabel Perbandingan Kandungan Nitrogen dan Phosphor Dalam Kotoran Kambing Dibandingkan Kotoran Hewan Lain

Macam Kotoran Nitrogen % Phosfor
Sapi

Kuda

Kambing

Ayam

0,426

0,490

0,768

0,142

0,290

0,260

0,391

1,256

Sumber: Muljana, 1982: 8

Besarnya kandungan dari kotoran kambing membuat pupuk jenis ini sangat baik bila digunakan untuk tanaman.  Kotoran kambing bisa memberikan penghasilan baru bagi peternak. Dengan menjual kotoran kambing Etawa, peternak bisa mendapatkan penghasilan tambahan.  Pupuk yang bagus tentu juga akan mendatangkan hasil yang baik pula bagi tanaman.

Beberapa fakta di atas merupakan sedikit dari banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan bila kita beternak kambing etawa. Bukan hanya keuntungan yang bisa peternak dapatkan, melainkan juga kesenangan memiliki ternak yang mempunyai nilai jual tinggi sehingga digemari banyak orang. Banyaknya penggemar  membuat harga jual kambing menjadi tinggi. Bagi sebagian orang yang kurang mampu, harga jual yang cukup tinggi ini membuat beternak kambing bisa dijadikan tabungan bila sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak.

DAFTAR PUSTAKA

Damayanti, Rini dan Bernardius , 2002. Khasiat dan Manfaaat susu kambing, Susu terbaik dari Hewan Ruminansia. AgroMedia Pustaka: Jakarta.

http://tcplanet.blogspot.com /2007/11/khasiat-dan-manfaat-susu-kambing-etawa.html). diakses 3 Oktober 2009.

Muljana, W. 1982. Cara Beternak Kambing. Aneka Ilmu: Semarang.

Sodiq, Akhmad. Dkk. 2008. Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa. AgroMedia Pustaka: Jakarta.

Sarwono, W. 1991. Beternak Kambing Unggul. Aneka Ilmu: Semarang.

Sodiq, Akhmad. Dkk.2002. Mengenal Lebih Dekat Kambing Peranakan Etawa. Pt. Agromedia Pustaka. Jakarta.

http://www.smallcrab.com. diakses 3 Oktober 2009

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s