Windiarti’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ketika UN Membuat Jantung Berdebar April 30, 2008

Filed under: Ujian Nasional — windiarti @ 3:36 am

 

Ujian Nasional (UN) SMA/SMK dan sederajat telah dilaksankan di seluruh Nusantara pada hari Selasa-Kamis (22-24/4) berlangsung dengan menegangkan. Sudah bukan menjadi barang baru lagi ketika ujian nasional diwarnai dengan isu-isu bocornya soal dan penggantian LJK yang dilakukan oleh oknum guru.

Di SMA SANTA MARIA Yogyakarta beberapa siswa mengatakan resah dengan mata pelajaran Matematika. “Menurut saya, Matematika yang menjadi momok saat ini, dari beberapa try out, hanya Matematika yang tidak bisa saya kerjakan dengan baik, itu yang membuat saya resah dan takut. Ketika UN pun saya dan teman-teman merasa takut tidak dapat mencapai target” tutur Deby Aprilia salah satu peserta UN dari SMA santa Maria Yogyakarta.

Ujian Nasional tahun ini mencakup enam mata pelajaran, hal ini yang menjadikan suasana sangat menegangkan dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya tiga mata pelajaran. Tahun ini menjadi sangat berat dengan enam mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi untuk jurusan IPS) dan (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jurusan IPA). Ketentuan lain yang sangat memberatkan adalah tuntutan nilai yang semakin tinggi yaitu nilai terendah 4,25 dan rata-rata nilai adalah 5,25. Jika menggunakan ketentuan seperti tahun lalu sudah dirasa sulit apalagi dengan ketentuan yang sekarang, tentu akan lebih memberatkan peserta ujian.

Hampir seluruh siswa mengatakan resah dengan hasil yang akan mereka terima nanti. Sebagai bekal menempuh ujian hampir seluruh siswa siswa mengikuti bimbingan belajar dan try out baik dari pihak sekolah maupun luar sekolah. Deby Aprilia, mengaku mengundang guru les privat untuk membantu penguasaan materi. Adapun alasannya untuk mengikuti les privat ini agar dapat memecahkan soal dalam waktu singkat dengan akurasi yang tinggi sehingga memudahkan berpikir mereka dalam mengerjakan soal. Semua usaha sudah Ia lakukan dengan maksimal dan Ia sangat berharap bisa lulus dan segera meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s