Windiarti’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bunda Teresa April 16, 2008

Filed under: tokoh — windiarti @ 5:58 am
Tags: ,

 

Bunda Teresa

 

         Bunda Teresa adalah seorang wanita yang memberikan hatinya untuk melayani orang-orang miskin dengan cinta kasih. Ia dilahirkan di Skopje, Albania pada tanggal 26 Agustus 1910. Bunda Teresa adalah anak tunggal dari pasangan Nikola dan Drane Bojaxiu.

       Pada umur 18 tahun, Ia bergabung dengan sebuah komunitas biarawati Loreto di India. Ia memulai karyanya dengan mengajar pada St. Mary’s High School di Kalkuta. Di sana ia mengajar Geografi dan Katekisasi. Pada tahun 1944 ia menjadi kepala sekolah St. Mary.

          Pada oktober 1950, Bunda Teresa memulai ordonya sendiri yaitu “Diosecan Congregation of The Calcuta Diocese” tapi kemudian berubah menjadi Missionaries of Charity, yang misinya adalah memberikan perhatian untuk “Si lapar, Si telanjang, Si gelandangan, Si pincang, Si buta, Si lepra, dan merasa tak diinginkan, tak dicintai, tak diperhatikan dalam masyarakat, orang yang telah menjadi beban bagi masyarakat dan ditolak siapapun.

Semula pelayanan yang dimulai dari melayani 12 orang kemudian berkembang menjadi melayani ribuan orang. Bahkan 450 pusat pelayanan tersebar di seluruh dunia untuk melayani orang-orang miskin dan terlantar.

         Berkat baktinnya bagi mereka yang tertindas, Bunda Teresa mendapat berbagai penghargaan kemanusiaan. Penghargaan itu antara lain; Ia menerima Jhon XXXIII International Prize for Piece (1979), Pandit Nehru Prize (1972), Templeton Prize dari Pangeran Edinburgh dan puncaknya ia mendapatkan Nobel Perdamaian pada tahun 1979 dan hadiah itu Ia gunakan untuk memberi makan orang-orang miskin yang ia rawat.

        Begitu mulia Bunda Teresa dalam mengabadikan hidupnya untuk orang miskin. Meskipun Ia sudah wafat pada tanggal 5 September 1997 dalam usia 87 tahun, tapi jasa-jasa dan kebaikannya takkan terlupakan.

 http://id.wikipedia.org/wiki/Bunda_Teresa

 http://biokristi.sabda.org/terpanggil_bagi_kaum_miskin_kisah_singkat_pelayanan_bunda_teresa

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s